Minum Kopi Dapat Menjaga Kesehatan Gusi

Minum Kopi Dapat Menjaga Kesehatan Gusi - Para pecinta kopi bisa berbahagia dengan kabar terbaru ini. Minum kopi
ternyata dapat memberikan fungsi yang baik pada gusi Anda. Maka Anda punya alasan sehat untuk mengonsumsi kopi setiap
hari.
Manfaat minum kopi untuk menjaga gusi
Manfaat minum kopi untuk menjaga gusi
Sebuah penelitian yang dilakukan di Boston University menemukan bahwa antioksidan di dalam kopi dapat melawan penyakit gusi. Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Periodontology, ditemykan bahwa konsumsi kopi berhubungan dengan penurunan kecil tapi signifikan secara statistik pada gigi yang kehilangan tulang periodontal, seperti dilansir oleh Newsmaxhealth.com.

"Kami menemukan bahwa konsumsi kopi tidak memiliki efek buruk pada kesehatan gigi dan gusi. Sebaliknya, minum kopi dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit gigi dan gusi," ujar Nathan Ng, kepala penelitian.

"Ini adalah study jangka panjang pertama yang menghubungkan antara konsumsi kopi dan penyakit periodontal pada manusia," lanjutnya.

Penelitian ini sendiri dilakukan pada 1.152 warga Amerika Serikat. Kondisi kesehatan gigi mereka dicatat sejak tahun 1968 hingga 1998. Mereka yang sering minum kopi memiliki kondisi kesehatan mulut dan gusi yang lebih baik.

Manfaat yang lainnya yang dapat kita ambil dari kopi, yaitu :
Seringkali orang berpikir kopi adalah minuman yang tidak sehat dikarenakan kandungan kafein yang tinggi dapat menggangu beberapa masalah kesehatan. Padahal tidak sepenuhnya kopi menjadi minuman yang berbahaya jika anda konsumsi dengan tepat. Bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung sebaiknya mengkonsumsi kopi setelah. Selain itu yang perlu anda ingat adalah ketika mengkonsumsi kopi adalah kandungan gula, buatlah kopi rendah gula dan sebisa mungkin lebih encer. Minum kopi maksimal 1-2 cangkir perhari untuk mendapatkan porsi yang ideal dalam menjaga kesehatan. Berikut adalah manfaat kopi untuk kesehatan wanita :

1. Melawan depresi
Sebuah penelitian menumukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Apalagi pada wanita yang sering kali mendapatkan depresi oleh beberapa kegiatan sehari-hari. Kandungan kopi dapat membantu meminimalisir depresi. Bagi yang mengkonsumsi kopi akan mengurangi 10 persen depresi dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Meskipun kandungan kafein terdapat pada soda, akan tetapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara minuman soda dengan penurunan depresi dikarenakan kandungan gula yang terlalu tinggi. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi kandungan gula yang berelebih.

2. Menghindari stres dan putus asa
Pada sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Walaupun demikian para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari akan merugikan kesehatan anda.

3. Menjaga kesehatan hati
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membatu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.

4. Dapat membantu anda menurunkan berat badan
Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan tepat dapat membantu anda dalam menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh karena mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi, meskipun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Beberapa suplemen atau pengobatan yang menggunakan kandungan kafein dalam penurunan berat badan harus menggunakan resep dokter, sehingga tidak mengangu kesehatan organ tubuh yang lain.

5. Dapat menurunkan risiko diabetes tipe II
Mengkonsumsi kopi dengan porsi yang sesuai setiap hari akan membantu anda dalam menurunkan 25 persen resiko terkena diabetes tipe II. Kandungan kromium dan magnesium dapat membantu menekan resiko diabetes tipe II. Meskipun demikian bagi anda yang mengkonsumsi kopi sebaiknya memperhatikan jumlah gula yang digunakan dalam kopi anda.

6. Menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson
Kopi dapat membantu anda dalam berkonsentrasi dan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi memiliki risiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia.

7. Kopi dapat menangkal kanker kulit
Kopi tidak saja membuat anda memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang berbajaya seperti kanker . Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Wanita yang minum dua cangkir dalam sehari jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.



Related Posts

Minum Kopi Dapat Menjaga Kesehatan Gusi
4/ 5
Oleh

-> Apa tanggapan anda untuk artikel kali ini
-> Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan
-> Jangan lupa setelah berkomentar share artikelnya
-> Dilarang keras promosi link ataupun produk jenis apapun
-> Terimakasih